Selasa, 21 Oktober 2014

Tentang Daerah (saya)

Tumpang adalah salah satu Kecamatan dari 33 kecamatan di Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Dahulu Tumpang dikenal sebagai sentra padi "Ganjarawe" yang menghasilkan "Beras Tumpang"

  Jumlah penduduk Tumpang kurang lebih 71.985 jiwa yang terdiri dari 35.507 laki-laki, 36.478 perempuan. Kecamatan Tumpang mempunyai potensi dan produk unggulan di bidang pertanian, perkebunan,Industri, dll. dan letak yang strategis untuk menuju obyek-obyek wisata dimana jalan satu satunya dari arah barat untuk menuju ke Gunung Bromo dan Gunung Semeru
 
sumber : klik disini




Tempat Bersejarah

 Candi Jago

Sebut saja candi Jago, pada kokoh bangunan yang berdiri diantara arus zaman serba teknologi, globalisasi dan segala macam istilah kemunduran lainnya.Candi jago adalah tempat suci bagi orang budha,


Namun masih ada akulturasi dengan unsur hindu yang menjadikan candi ini tempat upacara srada yaitu berupa barisan untuk berdoa pada orang yang berjasa. Candi Jago ini menyimpan abu wisnuwardhana, nama ini juga digunakan sebagai nama jalan menuju lokasi candi ini berdiri, namun sayangnya justru warga setempat serta masyarakat Tumpang tidak menyadari asal usul pembuatan nama jalan yang sederhana ini. Dari Candi Jago itulah dapat kita ketahui bahwa upacara upacara tersebut merupakan konsepsi kenegaraan pada jaman dahulu. Tanah Tumpang menjadi tanah tinggi atau siti inggil  sebagai tempat peristirahatan orang orang penting dan berjasa. Candi pada jaman dahulu memiliki kisaran magnetis budaya yang tinggi sehingga banyak kesenian yang dipentaskan dengan latar candi seperti tari tarian atau wayang topeng malangan serta gamelan yang mengiringi pertunjukan tersebut. Sungguh sangat kontras antara kondisi dan respon masyarakat terhadap cagar budaya seperti candi ini.
                Candi jago ini juga menyimpan cerita pada relief reliefnya. Sayang sekali, ceritanya sudah banyak yang tidak tahu, padahal menyimpan begitu banyak dongeng dan kisah. tepatnya ada beberapa cerita klasik pada dinding candi Jago. 




Gua maria

Pada Gua Maria ini terdapat sebuah sumber mata air yang disebut Sendang Retno Adi. Letak sendang ini ada di belakang Pertapaan Karmel. Jalan kecil di depan pertapaan menuju ke Gua Maria dan tempat Jalan Salib. Sepanjang jalan salib didesain dengan taman bunga yang beragam.

Di depan gua Maria terdapat keran air yang berasal dari mata air sendang. Air ini biasanya digunakan oleh Umat untuk membasuh wajah sebelum berdoa. Tak sedikit pula yang membawanya pulang atau meminumnya langsung. Sumber airnya sangat jernih dan segar. 

Pemandangan di sekitar lokasi gua ini masih alami. Hamparan sawah nan luas dapat dinikmati dari sini. Letaknya yang berada di daerah berbukit ini juga memiliki udara yang fresh, sehingga nyaman digunakan sebagi tempat berdoa atau meditasi.

Makanan Khas

 Apa yang terlintas di benak anda saat menyebut kata Malang . Yang paling diingat adalah kota dingin dengan banyaknya apel yang mengelilingi setiap daerah , namun bila sudah pernah tinggal di Malang maka ada beberapa hal yang akan terlintas dalam benaknya . Berikut ini beberapa jenis yang makanan dan minuman yang mudah dijumpai di Malang :


 Soto Ayam Lamongan oro oro dowo khas Malang
Selamat pagi pembaca, kali ini penulis berbagi kuliner makanan khas Malang yaitu Soto Ayam Lamongan Oro-Oro Dowo Makanan Khas Malang. Depot ini sudah ada di kota Malang sejak tahun 1980-an. Sebagaimana cita rasa soto, Rasa Soto Ayam Lamongan Oro-Oro Dowo ini gurih dan nikmat gaya Lamongan. Apabila dibandingkan...
sumber : klik ini



Tidak ada komentar:

Posting Komentar